// // 2 comments

perbedaan warna CYMK dan RGB

Warna di dunia desain Grafis dibedakan menjadi dua macam, yaitu CYMK dan RGB.
Mungkin bagi para pemula desain grafis sering bertanya tanya sewaktu memulai desainnya, karena terdapat 2 pilihan RGB atau CYMK. Baiklah dalam postingan ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan warna tersebut.

RGB........

RGB adalah singkatan dari Red, Green, Blue. Jika warna tersebut disatukan akan terbentuk warna putih.
Merah+hijau akan terbentuk Kuning, Biru+hijau akan terbentuk biru muda, dan seterusnya seperti pada gambar diatas. RGB juga disebut sebagai warna pencahayaan atau "additive color mode". Warna RGB umumnya digunakan oleh "input device" atau "output device" seperti Televisi, Monitor, dan Scanner (warna primer. Warna RGB umumnya juga digunakan oleh para desain grafis, karena warna tersebut memang sangat menyenangkan.Tetapi tampilan warna RGB akan selalu terikat dengan kapasitas/kemampuan grafis computer yang menyandangnya. maka apabila komputer yang kita pakai mempunyai graphic card yang bagus serta monitor LCD, maka tampilan warna RGBnya akan jauh lebih bagus dibanding monitor tabung dengan graphic card yang biasa-biasa saja.

CYMK.....



CYMK adalah singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, Black. Jika warna Cyan, Magenta, Yellow di gabung maka akan menjadi warna hitam. Warna CYMK Lebih gelap daripada warna RGB maka dari itu warna ini digunakan dalam dunia percetakan. CYMK juga disebut substractive color atau warna penintaan.
Dalam dunia percetakan, hasil warna CYMK sangat tergantung oleh media cetaknya (tipe kertas, jenis tinta, dsb). Meskipun filenya sama, tetapi jika satu di cetak di kertas HVS, dan satu di cetak ke artpapper maka hasilnya akan berbeda.


Jadi untuk memilih warna tersebut sesuai dengan keperluan saja, jika ingin percetakan maka pilih CYMK, jika hanya untuk di grafis aja maka pilih warna RGB.
Semoga artikel ini bermanfaat,
Jangan lupa Sharenya, dan Like nya.

Thanks, Happy blogging.








jhjhjhj

Reaksimu?

Share dong kak!

2 comments:

  1. oh gitu toh gan, mkasih ya gan

    ReplyDelete
  2. Thanks gan infonya, terkadang masih kebalik antara CMYK n RGB ��

    ReplyDelete

close