// // 2 comments

Fungsi toolbar Autodesk Maya 2011

Sebagai pemula, mungkin kita belum mengetahui toolbar-toolbar yang ada di Autodesk Maya 11. Disini saya akan menjelaskan sedikit Fungsi-fungsi tersebut.
Sebelum kita mengenal fungsi toolbar tersebut, kita harus mengenal apa itu Autodesk maya.

Maya adalah suatu program grafis 3D yang dapat membuat aneka objek 3Dgrafis seperti mobil, pesawat, manusia, binatang, dan seterusnya. Dengan Maya 2011 ini kita dapat dengan mudah membuat suatu objek gambar grafis 3D ataupun sebuah game, karena dalam Maya terdapat enam kategori objek yaitu Sphere (bola), cube (kubus), cylinder, cone(membran tipis), dan torus (cincin). Keenam objek ini merupakan objek dasar yang dapat digunakan dan diubah sehingga membuat berbagai macam model. Dalam Maya membuat suatu objek primitif menjadi suatu model digunakan teknik-teknik pemodelan yang dibagi atas tiga teknik pemodelan yaitu polygonal, NURBS, dan subdivision surfaces modeling. Jadi teknik-teknik pemodelan tetapdilakukan dengan mengembangkan objek-objk primitif.

Di Autodesk maya terdapat toolbar-toolbar seperti toolbar menu, tool box, chanel box, time slider, layout shortcut, dan lain lain.
Berikut ini adalah area kerja autodesk maya.

1. Toolbar menu.
Main menu adalah fasilitas standar dari setiap windows. Didalam menu tersebut tersedia berbagai fungsi penggunaan maya. Dan menu didalamnya di kelompokan kedalam grup-grup, seperti Animation, Modelling, Polygon, Surfaces, Dynamics, Rendering.
Sedangkan menu yang kita lihat diatas adalah menu Animation.

2. Tool Box
Toolbar berisikan tombol-tombol cepat yang disediakan untuk mengakses berbagai fungsi-fungsi seleksi dan transformasi objek.

- Select tool: digunakan untuk memilih suatu object. atau bisa menggunakan dikeyboard "Q".
- Lasso tool: Digunakan juga untuk memilih suatu object.

- Paint selection tool

- Move tool: Digunakan untuk memindahkan atau menggerakkan suatu object. tombol "W".

- Rotate Tool: Digunakan untuk merotasikan suatu object. "E"

- Scale tool: Digunakan untuk memperbesar atau mengecilkan (mengubah ukuran) object. "R".

3. Chanel Box
Channel box adalah kotak setting nilai-nilai objek yang dibuat. Dalam channel box berisikan informasi tantang ukuran dan posisi dari objek. Pada area ini dapat mengubah atau mengatur berbagai parameter objek. Fungsi channel box dapat diubah menjadi Layer Editor atau keduanya dengan cara meng-klik tiga tombol kecil yang terdapat di sudut kanan atas channel box.
4. Time Slider
Time slider adalah informasi frame yang aktif dalam pembuatan animasi.

5. Layout Shortcut
Layout shortcut ini terdapat di toolbox. Layout Shortcut adalah tombol-tombol cepat untuk berhubungan langsung pada lembar kerja Maya.


-Perspective/Hypergraph : Tampilan pane dengan layar hypergraph dan perspektif.
-Four View: Workspace pane dengan tampilan empat layar kerja. Atau bisa menekan "SPACE".

-Perps/outliner: Tampilan dengan layar perspective dan outliner.

-Persp/graph : Tampilan pane dengan layar graph dan perspektif.


6. Pane
Pene adalah layar kerja pada Maya yang menampilkan objek-objek geometri dalam ruang kerja tiga dimensi (3D). Merupakan bagian terbesar dalam interface Maya. Suatu objek yang dibangun akan diposisikan pada suatu koordinat tertentu pada ruang tersebut. Di dalam Pane tersedia banyak sudut pandang objek, sepertiFront View, Top View, Side View, Perspective View.





Semoga postingan ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk Share dan Like nya.
Happy blogging.


Reaksimu?

Share dong kak!

2 comments:

close