// // 1 comment

Lingkungan Bisnis Jilbab

clip_image001
TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS
DI SUSUN OLEH :
NAMA : SABIQ
KELAS : xx-S1TI-xx
NIM : 12.11.xxxx
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM
YOGYAKARTA
2013
ABSTRACT
Meningkatnya persaingan dalam berbisnis memungkinkan orang untuk mengembangkan pemikiranya yaitu pada PELUANG membuka bisnis jilbab dan busana muslim dan aksesoris saat ini di kenaikan, bersama dengan banyak model dan cara yang lebih menarik dari memakai jilbab.
Muslimin dan muslimah di Indonesia sangat tertarik dengan model, motif,dan warna pada setiap apa yang akan dikenakan. Tak jarang busana muslim menjadi sangat menarik untuk disesuaikan dengan aksesoris muslim dikenakan. Selain menambah pesona bagi yang memakainya, jibab pun mampu melindungi dari sengatan sinar matahari yang langsung mengenai kulit. Sehingga menjadikan teduh bagi yang mengenakannya. Menjamurnya komunitas-komunitas penyuka model jilbab atau kerudung pun membuat bisnis ini perlu diperhitungkan, apalagi ini akan menjadi peluang yang menguntungkan dalam berbisnis. Membuka usaha jilbab dan busana muslim di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam.
Khususnya pada kaum wanita sekarang ini sangat perhatian tentang model pakaian dan jilbab yang dikenakan. Jadi saya memilih usaha menjual jilbab atau kerudung ini, disebabkan oleh Muslim-Indonesia Mayoritas Indonesia dan banyak wanita yang mengenakan pakaian Muslim, dan saya memilih bisnis reseller karena busana muslim di awal usaha saya tidak membutuhkan modal banyak, tapi bisa menghasilkan uang dan pengetahuan tentang bisnis.
JILBAB
Di indonesia yang banyak penduduknya mayoritas beragama islam, tentu akan memacu usaha kerudung dan aksesoris saat ini untuk menaikan produksi jilbab, apalagi di Indonesia rata-rata penduduknya adalah perempuan. Busana muslim pun mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dalam bentuk desain maupun jenis bahan seperti Kerudung Langsung, Kerudung Matahari, Kerudung Gelombang Panjang, Kerudung Gelombang Pendek, ada jilbab kaus langsung pakai, jilbab slayer, jilbab lilit, dan lainnya.
Berbicara tentang masalah busana muslimah tentunya tidak lepas dari kerudung atau jilbab. Seiring dengan perkembangan dunia fashion, busana muslim pun mengalami transformasi signifikan. Jika dulu kain penutup kepala ini hanya berbentuk persegi empat, sekarang bentuknya lebih beragam. Kain penutup kepala wanita ini jika model, motif, serta warna yang dapat dipadupadan kan dengan busana yang dikenakan dan apalagi jilbab ini memiliki bentuk dan cara pemakaian yang akan menjadikan lebih menarik dan indah untuk dipakai oleh wanita muslim.
A. Menjalankan Bisnis Kerudung
Reseller adalah orang yang menjualkan barang milik orang lain. Apabila mempunyai teman yang sebelumnya sudah mempunyai usaha berjualan kerudung, kita dapat mengikuti jejaknya. Dengan cara, mengambil beberapa kerudung yang menurut kita bagus dan banyak peminatnya saat ini seperti kerudung persegi, kerudung pashmina, kerudung bermotif, kerudung manik-manik, ciput arab, ciput ninja, dan lain sebagainya. Lalu dari barang yang kita ambil tersebut, kita dapat memasarkannya sendiri. Untuk masalah harga dan hasil yang akan kita peroleh nanti, kita dapat berdiskusi kepada teman dan membagi hasil yang kita dapat. Apabila kita mengambil kerudung 50 biji dengan harga perbijinya yaitu Rp 40.000. Lalu kita menjualnya dengan harga yang lebih menguntungkan misalnya Rp 50.000, dari keuntungan yang kita dapat adalah Rp 10.000 maka apabila kerudung yang kita ambil terjual semuanya keuntungan hasil yang kita peroleh adalah Rp 10.000 x 50 yaitu Rp 500.000.
B. Strategi dan kunci untuk mengelola bisnis
Kunci untuk merealisasikan usaha yang menguntungkan adalah TIRU. Mengapa kegiatan meniru saya jadikan faktor kunci?
  1. Meniru adalah kegiatan yang lebih mudah dari pada menemukan. Kita bias meniru bisnis orang lain termasuk berbisnis jilbab ini.
  2. Kita bisa menjadi reseller sebagai pemula untuk berbisnis.
  3. Kita sudah tahu seberapa besar captive market atau cakupan konsumen untuk usaha tersebut.
  4. Kita tahu apa kekuatan dan kelemahan bisnis yang akan tiru.
  5. Kita harus memiliki motivasi untuk selalu fokus dalam mengembangkan usaha yang sedang kita jalankan.
  6. Segera mulai usaha yang telah Kita rencanakan, dan jangan ragu–ragu lagi untuk mulai menjalankannya. Dengan keyakinan, keuletan, dan motivasi yang besar, maka tidaklah sulit untuk menjadikan usaha kita menjadi besar.
Daftar Pustaka
http://peluangusaha.kontan.co.id/xml/kisah-sukses-amry-gunawan-berbisnis-jilbab-
http://robby-keren18.blogspot.com/2010/08/cara-sukses-memulai-bisnis-rumahan.html
http://economy.okezone.com/read/2012/04/06/455/606926/keruk-hingga-rp9-juta-bulan-dari-bisnis-jilbab
http://bisnis-carkana.blogspot.com/2010/12/apakah-reseller-itu.html
http://suksesitubebas.com/2012/08/05/usaha-yang-menguntungkan/
http://www.kompasbisnis.com/berita-129-prospek-bisnis-menghias-kerudung-sedang-naik-daun.html
http://bisnisukm.com/percantik-jilbabmu-dengan-kreasi-kerudung-delani.html
Sitawati Atika RA. 2011, Lingkungan bisnis jilbab




 download pdf
 

Reaksimu?

Share dong kak!

Penulis

1 comment:

close