// // 2 comments

Mengatasi Lagging pada Game disebabkan Ping yang Tinggi




Bermain game tentu menyenangkan bagi siapapun. Apalagi dapat bermain dengan teman-teman sebaya kita yang bersifat online gaming. Akan tetapi kebahagiaan itu dapat menjadi moment yang menjengkelkan bagi kita yang disebabkan oleh game yang memiliki Ping yang tinggi padahal saat mengetes kecepatan internet misalnya menggunakan Speedtest.net ternyata ping kita aman aman saja. Tentu kalian akan kesal saat mengalami hal seperti itu.


Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor.
  1. Internet kalian tidak stabil alias sering terjadi Request Time Out (RTO)
  2. Game yang kalian mainkan tidak memiliki server Indonesia ataupun ASIA.
  3. Lokasi Server game yang terlalu jauh oleh pengguna.
  4. PC atau Device kalian yang tidak mensupport spesifikasi minimum game.
Jika kalian tidak memiliki gejala seperti diatas akan tetapi game tetap lag dengan ping yang tinggi. ICTrends mempunyai solusi yang bagus.


High Ping (100-500ms) sering disebabkan oleh server yang memang terlalu jauh dari lokasi gamer



Kalian bisa memanfaatkan beberapa software VPN yang handal baik free maupun berbayar. Berikut list software yang kalian dapat gunakan untuk mendapatkan ping yang maksimal.




KILL PING





Kill ping adalah salah satu penyedia VPN untuk para gamers. kalian bisa mendapatkannya dengan free trial 3 hari. Sehingga kalian bisa mencoba terlebih dahulu apakah ampuh atau tidak. Kill ping juga mensupport untuk bermacam-macam custom game. Kill ping akan mengurangi ping kamu misalnya yang awalnya 120ms menjadi 22-32ms tergantung server apa yang kalian pilih.

Contoh disini saya memainkan game Rainbow Six Siege yang di kembangkan oleh Ubisoft. Dikarenakan server yang lumayan jauh dari Indonesia sehingga saya menggunakan Killping untuk memilih server yang terdekat. Server terdekat dengan Indonesia yaitu Singapore.




WTFast



WTFast.com juga menyediakan layanan VPN khusus untuk para gamers yang sudah jengkel karena ping server yang begitu tinggi. Wtfast adalah sebuah perusahaan asal Kanada yang bertujuan untuk mengoptimalisasikan jaringan game, disebut juga sebagai Gamers Private Network. Kalian bisa memainkan permainan MMO, FPS, ataupun MOBA dengan lancar. 

Dua platform tersebut merupakan perusahaan besar yang sama-sama bersaing dalam dunia VPN untuk gamers. Sebenarnya masih banyak platform lain yang bisa kalian gunakan untuk kasus Ping yang begitu tinggi. Akan tetapi dua platform tersebut yang saat ini menurut ICTrends adalah yang terbaik. Jika kalian mempunyai pengalaman selain menggunakan dua platform tersebut silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih

Reaksimu?

Share dong kak!

Penulis

2 comments:

close