// // 1 comment

Mengenal Istilah pada Google Adsense : RPM, CPC, dan CTR

apa itu rpm, cpc, dan ctr

Menghasilkan uang hanya dengan posting artikel merupakan suatu dambaan oleh para blogger. Salah satu caranya yaitu dengan mengaktifkan iklan pada blog kita. Google Adsense adalah pilihan dari beberapa publisher iklan yang ada. 
Para blogger yang masih awam terhadap google adsense pasti akan kebingungan setelah mendengar istilah RPM, CPC, CTR dan sebagainya.

Apa itu RPM?

RPM adalah Penghasilan laman per seribu tayang. Konsep ini layaknya seperti iklan di TV, Cetakan, atau Radio yang dihitung berdasarkan jumlah penonton, pembaca, atau pendengar. Jadi RPM adalah penghasilan yang kita didapatkan jika iklan tampil sebanyak 1000 tayangan.
Rumus: (source: Google Adsense)
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Catatan:
  • Impressions (impresi) adalah tayangan iklan yang terlihat oleh pengunjung saat berada pada halaman situs.
  • Penghasilan Tertaksir adalah perkiraan sementara waktu pada blog anda.
  • RPM tidak akan bekerja jika pengguna sengaja me-refresh halaman berulang kali

Apa itu CPC?

CPC adalah Cost-Per-Click atau Biaya-Per-Klik (BPK), yang dapat diartikan sebagai iklan yang akan dibayarkan kepada anda jika pengunjung meng-klik iklan yang ada pada halaman blog anda. Konsep ini merupakan kebalikan dari konsep RPM. Sebanyak apapun laman tayang jika tidak ada satupun iklan yang di-klik maka kita tidak akan mendapatkan bayaran dari pengiklan. 
Kita harus berhati-hati dengan konsep ini, jangan sampai terbuai oleh nafsu yang sengaja meng-klik iklan sendiri untuk mendapatkan penghasilan. Cara yang kotor tersebut akan ditinjau oleh pihak google dan akan ditindak-lanjuti sampai tahap pemblokiran akun (Banned).

Apa itu CTR?

CTR adalah Click-Through-Ratio yang diartikan sebagai seberapa sering pengunjung melihat iklan kita yang pada akhirnya meng-klik iklan. CTR yang baik tergantung pada apa yang diiklankan dan pada jaringan mana. 
Rumus:
Jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan yang ditayangkan.
CTR = Klik / Tayangan
Contoh: jika kita memiliki 10 klik iklan pada 1000 tayangan maka, CTR = 10/1000 = 0.01 atau sebesar 1%.

Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut diharapkan para blogger yang awam mengerti bagaimana mengubah hobi menulis artikelnya menjadi sebuah lahan untuk menghasilkan uang.

Reaksimu?

Share dong kak!

Penulis

1 comment:

close