// // 1 comment

Spyware: Program Pengoleksi Informasi

spyware

Apa itu Spyware?

Spyware adalah suatu jenis program berbahaya yang sulit dideteksi. Spyware juga mampu mengumpulkan bermacam informasi anda saat browsing, atau informasi pribadi seperti nomor kartu kredit dan juga menggunakan data tersebut untuk menyampaikannya kepada pihak ketiga tanpa kita sadari. Salah satu dari program spyware adalah Keylogger, suatu software untuk mengintai apapun yang anda ketikkan melalui piranti keyboard kita.
Spyware itu licik, banyak cara agar spyware tersebut tidak terhapus dalam sistem operasi kita. Bisa saja kita tidak sengaja memberi izin untuk menginsal spyware tersebut ketika menyetujui syarat dan ketentuan program yang kelihatannya sah. 
Spyware berjalan di Background tanpa kita sadari dan mengoleksi data atau informasi kita.

Tipe-tipe Spyware

Fungsionalitas spyware tergantung pada pembuatnya. contohnya:

  • Password Stealers, spyware yang didesain untuk memanen kata sandi terhadap komputer yang terinfeksi. Bermacam-macam kata-sandi akan dikoleksi dan software ini mampu mengambil informasi dari beberapa sistem login pada web browser dan akan ditransfer secara remote ke server pihak pengintai.
  • Infostealers, spyware yang menginfeksi komputer korban hanya untuk mengambil bermacam informasi termasuk username, password, alamat email, riwayat penelusuran, dokumen, dan media files lainnya.
  • Banking Trojan, spyware ini didesain untuk menginfeksi komputer dari institusi finansial. Mampu memodifikasi halaman web, memodifikasi transaksi ataupun menambahkan transaksi. Target spyware ini seperti bank, finansial protal online, atau dompet digital. 
  • Keylogger, spyware ini sudah banyak dikenal oleh orang banyak, selain itu orang pun bebas dan mudah untuk menggunakannya, misalnya digunakan oleh orang tua atau guru untuk mengintai aktivitas anaknya saat diberikan izin untuk menggunakan internet. Spyware ini mampu merekam aktivitas komputer termasuk merekam ketikan pada keyboard, website yang dikunjungi, history penelusuran, email diskusi, chat dialog, dan lainnya termasuk mengambil gambar dan audio.

Mobile Spyware

Spyware tidak hanya dapat mengendap atau menginfeksi komputer/ PC saja, akan tetapi dapat juga tersembunyi pada mobile device kita. Mobile spyware bersembunyi dibackground tanpa diketahui oleh pengguna, biasanya mengoleksi informasi seperti mengirim/menerima pesan SMS, riwayat panggilan, daftar kontak, email, riwayat browser, dan foto. Spyware pada mobile device pun mampu untuk merekam ketikan pada keyboard atau merekam apapun tanpa sepengetahuan pengguna seperti merekam menggunakan microphone, mengambil gambar menggunakan kamera, dan melacak lokasi anda melalui GPS. 
Spyware terinstall pada smartphone biasanya dengan cara:

  • Free wi-fi yang tidak aman, seperti fasilitas di tempat umum misalnya bandara dan cafe. Jika kita login pada jaringan yang tidak aman, orang jahat dapat melihat semua yang kita lakukan selama kita terkoneksi pada jaringan tersebut. Teliti lah terhadap suatu peringatan yang muncul atau berusaha memberitahumu, pastikan jaringan yang kamu gunakan tersebut adalah jaringan yang aman.
  • Aplikasi mencurigakan, spyware ini menyembunyikan dirinya kedalam suatu kode pada aplikasi yang biasanya kita download bukan dari aplikasi store official nya, melainkan melalui website yang tidak kita kenal. Perhatikan notifikasi saat menginstall aplikasi tersebut, jangan izinkan jika aplikasi tersebut meminta untuk mengizinkan dalam mengakses informasi personal seperti contact, photo, email, dan lainnya. 

Bagaimana menghindari terhadap terinfeksi Spyware?


Beberapa langkah yang pasti ampuh untuk menghindari Spyware yaitu:

  • Tidak mendownload file dari sumber yang tidak dipercaya.
  • Tidak membuka email dari pengirim yang tidak dikenali.
  • Perhatikan alamat tautan pada tombol sebelum anda mengkliknya, pastikan itu adalah alamat yang benar.

1 comment:

  1. Hati hati sama spyware. Data-data kita diambil untuk kepentingan mereka.

    ReplyDelete